PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP NIAT BELI Study Kasus Pada Calon Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta

Syefudin, Muhammad (2008) PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP NIAT BELI Study Kasus Pada Calon Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030271.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)

Abstract

Kesuksesan program komunikasi pemasaran saat ini ditandai dengan adanya sinergi ataau integritas antara iklan, public relation, dan promosi yang memberikan kesan unik, kreatif, menggemparkan atau heboh. Istilah-istilah baru pun muncul, seperti komunikasi pemasaran (marketing communications), komunikasi korporat (corporat comunikcations), komunikasi terpadu (integrated marceting), pemasaran persahabatan (relationship marketing), humas pemasaran (marketing public relations). Intinya adalah “perkawinan” antara disiplin ilmu atau praktik komunikasi dengan pemasaran (Hifni Alifahmi, 2005 : 35). Berdasarkan hasil uji validitas instrumen dari ketiga variabel yaitu periklanan, promosi penjualan dan niat beli menunjukan bahwa seluruh butir-butir variabel valid, kecuali butir keenam pada variabel periklanan menunjukan tidak valid, hal ini dikarenakan Universiatas Muhammadiyah Surakarta memang tidak melaksanakan kegiatan periklanan melalui media televisi. Berdasarkan analisa perhitungan uji F didapat bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (8.477 > 2.698), artinya variabel periklanan secara signifikan berpengaruh terhadap niat beli. Berdasarkan analisa uji t didapat bahwa t hitung variabel periklanan lebih besar dari t tabel (3.761 > 1.674). sedang t hitung variabel promosi penjualan lebih kecil dari t tabel (0.911 < 1.674). artinya variabel promosi penjualan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. Dari hasil analisa data diperoleh R2 0,149 ini menunjukan bahwa variabel periklanan dan promosi penjualan mempunyai kontribusi pengaruh terhadap niat beli sebesar 14,9%, sedangkan sisanya 85,1% di pengaruhi oleh variabel lain diluar periklanan dan promosi penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: periklanan, promosi penjualan dan niat beli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2008 03:13
Last Modified: 25 Oct 2011 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item