Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten

Susanti, Eska Nela (2012) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (107kB)

Abstract

Citra rumah sakit merupakan wujud nyata dari persepsi pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan melalui apa yang diperoleh pelanggan sebagai hasil dari transaksi antara penyedia dan pengguna jasa serta bagaimana pelanggan memperoleh jasa tersebut. Citra yang buruk atau negatif akan memberikan pengaruh yang buruk pula terhadap perusahaan, sebaliknya citra yang baik akan memberikan pengaruh yang baik pula pada organisasi. Tanpa kualitas pelayanan perawat yang baik maka baik individu atau masyarakat lain merasakan ketidaknyamanan terhadap citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah sakit di rumah sakit, 2) mengetahui peranan kualitas pelayanan perawat terhadap citra sumah sakit, 3) mengetahui tingkat kualitas pelayanan perawat pada pasien, 4) mengetahui tingkat citra rumah sakit. Hipotesis yang diajukan, yaitu ada hubungan positif antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas tiga ruang melati empat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dan untuk sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pasien. Pengumpulan data menggunakan Skala Kualitas Pelayanan Perawat dan Skala Citra Rumah Sakit. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,688dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah sakit. Kualitas pelayanan perawat tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 143,40 dan rerata hipotetik sebesar 115. Selain itu untuk citra rumah sakit tergolong sedang yang ditunjukkan olehrerata empirik sebesar 113,68 dan rerata hipotetik sebesar 95. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikanantara kualitas pelayanan perawat dengancitra rumah sakit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Perawat, Citra Rumah Sakit
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2012 11:51
Last Modified: 10 Dec 2012 12:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21953

Actions (login required)

View Item View Item