Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar (SD) Pada Anak–Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Program Full Day Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua

Mustamiroh, Nuryati (2012) Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar (SD) Pada Anak–Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Program Full Day Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI,.pdf

Download (751kB)

Abstract

Pendidikan anak prasekolah sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar dapat memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yakni Sekolah Dasar (SD). Untuk menunjang kesiapan memasuki SD, anak dapat mengikuti pendidikan prasekolah melalui jalur formal yang berbentuk Taman Kanak-kanak (TK) program fullday. Kesiapan sekolah anak yang satu belum tentu sama dengan anak yang lainnya meskipun memiliki usia sama. Hal ini disebabkan adanya banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya ialah lingkungan. Lingkungan yang terdekat dengan anak ialah keluarga. Dari berbagai karakteristik keluarga, faktor tingkat pendidikan orang tua merupakan sesuatu yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Populasi dalam penelitian ini ialah anak yang mengikuti TK fullday di Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 83 orang anak dari TK Al-Hikam dan TK Arofah, Banyudono, Boyolali tahun akademik 2011/2012. Metode analisis data menggunakan uji beda, dengan analisis independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Berdasarkan hasil analisis data, ada perbedaan yang signifikan rerata kesiapan anak yang memiliki orang tua yang berpendidikan Sekolah Menengah (SM) dan Perguruan Tinggi (PT). Rerata kesiapan anak dengan pendidikan orang tua SM sebesar 145,14 dan rerata kesiapan anak dengan pendidikan orang tua PT sebesar 155,47 dengan signifikansi p=0.49 (p<0,05), yang artinya ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan SM dan PT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang signifikan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua (2) Kesiapan anak memasuki SD pada orang tua dengan pendidikan PT memiliki kategori sedang dan kesiapan anak memasuki SD pada orang tua dengan pendidikan PT memiliki kategori rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesiapan sekolah, TK fullday, pendidikan orang tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2012 06:08
Last Modified: 08 Dec 2012 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21903

Actions (login required)

View Item View Item