Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Kelas I Sdit Ar-Risalah Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

Hidayati, Fitri Diyah Nur (2012) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Kelas I Sdit Ar-Risalah Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (419kB)

Abstract

Kelas merupakan tempat utama bagi siswa untuk belajar, maka diperlukan penataan ruang kelas yang nyaman dan suasana kelas yang tetap kondusif agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. SDIT Ar-Risalah Surakarta adalah sekolah yang berada di tengah-tengah masyarakat, namun sudah cukup maju dibanding dengan sekolah yang lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas I SDIT Ar-Risalah Surakarta serta hambatan apa saja yang dihadapi dalam implementasi manajemen kelas I? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kelas I dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDIT Ar-Riasalah Surakarta serta untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi kelas I di SDIT Ar-Risalah Surakarta dalam implementasi manajemen kelas sebagai bentuk interaksi guru terhadap siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen dalam meningkatkan prestasi di kelas I meliputi (1) pengelolaan kelas yang menyangkut siswa dilakukan melalui (a) penyusunan perencanaan pengajaran yang di dalamnya menyangkut tentang waktu belajar, petunjuk kurikulum, RPP, dan sumber materi, (b) penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi, (c) mengenal siswa bukan hanya mengenal nama-nama saja, akan tetapi juga mengenal pribadinya dan (d) melakukan penilaian untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa. (2) Pengelolaan yang menyangkut fisik kelas, yaitu guru ataupun pengelola sekolah memperhatikan lingkungan fisik, seperti: ruang kelas, pengaturan tempat duduk, ventilasi udara. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi mamajemen kelas I dalam pengelolaan siswa meliputi: Tidak semua guru di SDIT Ar-Risalah memiliki kesamaan dalam memotivasi peserta didik, tidak semua guru SDIT Ar-Risalah sabar dalam menghadapi siswa, masih ada peserta didik yang belum bisa mandiri mengerjakan tugas dari guru, khususnya pada anak yang lambat belajar dan kesulitan belajar, sehingga di dalam proses belajar mengajar terganggu, sedangkan hambatan dalam pengelolaan fisik kelas yaitu: dalam penataan kursi masih dengan cara tradisional, dalam penataan kursi/tempat dudukpeserta didik tidak disesuaikan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 06:16
Last Modified: 06 Dec 2012 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21848

Actions (login required)

View Item View Item