Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

ASTUTI, RISA NOER (2012) Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (864kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_f.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Risa.pdf

Download (450kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan alat yang dapat membantu seorang muslim dalam merealisasikan kebahagiaan dunia dan akhirat, karena dengannya seorang muslim dapat memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah yang di dalamnya terdapat berbagai aturan hidup dan ibadah yang sempurna. Fakta yang ada, Bahasa Arab merupakan salah satu deretan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, sebagaimana yang terjadi di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya tingkat pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah kompetensi guru, di mana guru yang berkompeten akan dapat memicu minat dan semangat belajar siswa serta dapat membantu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mengembangkan potensi dan bakatnya. Kompetensi guru adalah seluruh kemampuan, pengetahuan, dan perilaku yang dimiliki oleh seorang guru sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Macam-macam kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Data-data yang ada dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara semi terstruktur yang kemudian penulis susun dalam skripsi ini. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang meliputi reduction/merangkum data, data display/penyajian data, dan verivication/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang bersangkutan belum dapat memenuhi standar kompetensi dengan baik secara keseluruhan, baik kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, maupun profesional. Guru baru dapat memenuhi sebagia/beberapa indikator yang mendukung terwujudnya keempat kompetensi tersebut dan belum memenuhi beberapa/sebagian indikator yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI GURU, BAHASA ARAB
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 05:27
Last Modified: 06 Dec 2012 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item