PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI)TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA

PRAYITNO, DANANG (2012) PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI)TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru profesional adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara profesionalisme guru bahasa Arab dengan prestasi belajar siswa di Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada atau tidak adanya hubungan antara profesionalisme guru bahasa Arab dengan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa di Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke objeknya. Peneliti mencatat, menganalisis, menafsirkan data yang didapat, melaporkan dan mengambil kesimpulan penelitian yang dilakukan secara langsung ke Kulliyatul Mua’llimin Al-Islamiyah Ta’mirul Islam Surakarta. Adapun pendekatan penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket, studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme guru dalam bidang studi Bahasa Arab dengan prestasi belajar siswa di Kulliyatul Mua’llimin Al-Islamiyah Ta’mirul Islam Surakarta. Kontribusi profesionalisme guru Bahasa Arab terhadap prestasi belajar siswa adalah 25%. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di Kulliyatul Mua’llimin Al-Islamiyah Ta’mirul Islam Surakarta ditentukan atau dipengaruhi oleh tingkat profesionalisme guru sebanyak 25%, dan 75% lagi ditentukan oleh faktor yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 05:06
Last Modified: 06 Dec 2012 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item