Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Foto Keluarga Di Kelompok B Tk Pertiwi Butuhan Delanggu Tahun 2012/2013

HASTATI, TRI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Foto Keluarga Di Kelompok B Tk Pertiwi Butuhan Delanggu Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
3._BAB_1.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar foto keluarga di kelompok B TK Pertiwi Butuhan Delanggu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR), penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dalam 3 pertemuan, siklus II 3 pertemuan, masing-masing pertemuan berdurasi 60 menit. Tempat penelitian di kelompok B, subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 15 anak terdiri dari 4 anak laki-laki, 11 anak perempuan serta guru kelas kelompok B. Data tentang kemampuan berbicara dikumpulkan dengan observasi, data tentang gambar foto dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data kemampuan berbicara dianalisa secara komporatif, yaitu membandingkan data kemampuan anak disetiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran gambar foto keluarga komparatif secara diskriptif komporatif yaitu data didiskripsikan setiap siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaharui pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media gambar foto keluarga dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya prosentase peningkatan kemampuan berbicara yaitu pada siklus I 53% dan siklus II 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peningkatan, Kemampuan Berbicara, Media Gambar Foto Keluarga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Dec 2012 11:27
Last Modified: 05 Dec 2012 11:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item