YUSRONI, INFADLUL (2012) PERILAKU PROSOSIAL PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) |
Abstract
Keberadaan anak berkebutuhan khusus tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini. Tidak hanya perilaku yang tidak normal seperti manusia pada umumnya anak berkebutuhan khusus ini mempunyai banyak sekali kendala dalam melewati banyak hambatan di kehidupan ini, sehingga tugas seorang guru pendidik menjadi sangat berat.Tujuan dari penelitian ini memahami secara mendalam tentang perilaku prososial dan faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prososial pada guru SLB. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 informan. Adapun kriteria informan yang digunakan antara lain: 1) guru sekolah luar biasa; 2) sudah menjadi guru di sekolah luar biasa minimal 5 tahun. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi dengan metode purposive. Hasil dari penelitian ini adalah proses perilaku prososial guru sekolah luar biasa yang dilakukan untuk membantu anak berkebuthan khusus mempunyai banyak ketrampilan dan dapat bermanfaat bagi kehidupan keluarga maupun di masyarakat. Bentuk perilaku prososial yang terjadi antara lain memberikan pelatihan-pelatihan dalam mengembangkan bakat minat bidang menyanyi, bermusik, tartil alqur’an , membaca puisi , menari , melukis bahkan informan memberi modal ketrampilan untuk bisa menjahit dan membuat hiasan kaligrafi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi informan adalah faktor fisik dan IQ sehingga murid berperiaku malas, membuat gaduh didalam kelas, mengeluarkan kata-kata kotor dan bahkan murid pernah juga meludah kepada guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku prososial, guru, anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 11:41 |
Last Modified: | 05 Dec 2012 13:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21827 |
Actions (login required)
View Item |