RAHMAWATI, UMI FAUZIAH (2008) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X2 SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040103.pdf Download (120kB) |
|
PDF
A420040103.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2007/2008. kelas yang digunakan X2 yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran biologi, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, rasa percaya diri kurang dalam menjawab. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,43 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,00 sedangkan rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,67 dan siklus III meningkat menjadi 7,12. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dari nilai awal sebesar 0,42 point atau 42%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi NHT, hasil belajar biologi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 05 Jun 2009 08:19 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 01:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2172 |
Actions (login required)
View Item |