Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wardhani, Inda Rezki (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (629kB)

Abstract

Akuntansi merupakan jurusan yang banyak diminati mahasiswa. Rata-rata mahasiswa memilih jurusan akuntansi, didorong oleh keinginan mereka untuk menjadi profesional di bidang akuntansi (Basuki dalam Ariani, 2004). Mereka berusaha untuk dapat memahami dan menafsirkan tentang akuntansi, serta berusaha untuk meningkatkan kemampuan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 mahasiswa. M etode pengambilan sampel dengan menggunakan metode convenience sampling yaitu pengumpulan informasi dari anggota populasi yang dengan senang hati bersedia memberikannya. Alat analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntasi ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,937 > 2,76) dan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Kecerdasan emosioanl berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntansi ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,801 > 1,985) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Perilaku belajar berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntasi ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (3,282 > 1,985) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Budaya berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntasi ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (2,249 > 1,985) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosioanl, perilaku belajar, budaya, pemahaman akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2012 10:26
Last Modified: 30 Nov 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item