Ernawati, Ana (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (36MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gajahmati tahun pelajaran 2012 / 2013. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber data.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, analisis dan penyusunan siklus tindakan berikutnya.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gajahmati. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar IPA siswa sebesar 45% atau 10 siswa. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan dalam motivasi dan hasil belajar IPA siswa sebesar 54 % atau 12 siswa dan pada siklus II sebesar 81,82% atau 18 siswa.Sedangkan untuk motivasi siswa dari siklus I pertemuan I motivasi siswa Sebesar 22,73 % atau 5 anak yang sangat termotivasi dalam pembelajaran IPA,siklus I pertemuan II siswa 36,36 % atau 8 anak yang sangat termotivasi . siklus II diperolah data 59,09 % atau 13 anak sudah sangat termotivasi dan sisanya 40,91 % atau 9 anak sudah termotivasi Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Inquiry Discovery mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dikelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar IPA, metode Inquiry Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 07:54 |
Last Modified: | 29 Nov 2012 07:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21669 |
Actions (login required)
View Item |