Kasidi, Yohanes (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Kooperatif Kancing Gemerincing Kelas III SD Kanisius Pati 02 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (282kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR____PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
b._SURNAL_ILMIAH.pdf Download (296kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui kecenderungan mengajar menggunakan metode yang menoton,padahal materi sulit,tidak mudah dipahami sehingga hasil belajar anak di bawah KKM .Diusulkan dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran kooperatif Kancing Gemerincing.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan metode kooperatif Kancing Gemerincig pada materi “Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat “dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD Kanisius Pati 02.Ruang lingkup penelitian ini adalah siswa kelas III SD Kanisius Pati 02 Tahun Pelajaran 2012/2013.Variabel penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar dengan metode pembelajaran kooperatif Kancing Gemerincing.Desain melalui PTK dua siklus ,setiap siklusnya terdiri dari perancangan,Evaluasi Refleksi.Cara pengambilan data dengan observasi dan tes.Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus 1 aktivitas belajar siswa rata-rata mencapai 73,36%,sedang pada siklus II mencapai 76,24%,hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 78,80 sedang pada siklus II nilai rata-rata 86,ketuntasan pada siklus I 64%,sedangkan siklus II mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa mempengaruhi hasil belajar siswa.Didasarkan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran kooperatif Kancing Gemerincing dan menerapakan pada materi lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kooperatif Kancing Gemerincing ,Keaktifan dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 07:40 |
Last Modified: | 29 Nov 2012 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21668 |
Actions (login required)
View Item |