Zulikah, Ika (2012) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswakelas IV SDN 01 Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (735kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_SKRIPSI.pdf Download (604kB) |
Abstract
Bangun datar merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit oleh siswa disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Rendahnya pemahaman konsep siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Sehingga untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat dilakukan dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual. Model pembelajaran Creative Problem Solving memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari alternatif pemecahan masalah tentang pokok bahasan bangun datar. Media visual mempermudah siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IV SDN 01 Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data komparatif dan kritis serta deskriptif kualitatif. Sebelum pelaksanaan tindakan, diperoleh skor hasil tes sebanyak 12,5% siswa berada di atas nilai KKM atau > 70. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh skor hasil tes sebanyak 62,5% siswa berada di atas nilai KKM atau > 70. Kemudian setelah pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh skor hasil tes sebanyak 87,5% siswa berada di atas nilai KKM atau > 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas IV SDN 01 Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Creative Problem Solving dengan Media Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 07:21 |
Last Modified: | 29 Nov 2012 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21666 |
Actions (login required)
View Item |