Darwati, Darwati (2012) Peningkatan Antusias Belajar Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Gambar Pada Siswa Kelas II SDN Durensawit 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Th 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.__Caver,_Perstn,_kat_Pgt,__dftar_isi,_Abstrk.pdf Download (837kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.__LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Antusias Belajar Siswa Dalam Membaca Permulaan menggunakan media alat peraga gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Durensawit 01 yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan analisis komperaktif dan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusias belajar siswa dalam membaca permulaan melalui media alat peraga gambar. Adapun peningkatan antusias pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca permulaan yang meningkat dalam antusias belajar sebesar 67% atau 10 Siswa dan pada siklus II sebesar 87% atau 13 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media alat peraga gambar mampu meningkatkan antusias membaca permulaan siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antusias, belajar membaca permulaan, media alat peraga gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 07:15 |
Last Modified: | 29 Nov 2012 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21652 |
Actions (login required)
View Item |