Peningkatan Antusias Belajar Pkn “Kebebasan Berorganisasi” Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas 5 Semester 1 Sd Negeri Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Widyawati, Retno Ayu (2012) Peningkatan Antusias Belajar Pkn “Kebebasan Berorganisasi” Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas 5 Semester 1 Sd Negeri Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran salah satunya yaitu dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini meningkatkan antusias belajar PKn Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri Kebowan yang berjumlah 26 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK.). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: Identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, pengamatan dan menyusun rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam antusias belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam antusias belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kebebasan berorganisasi sebesar 58 % atau 15 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 24 siswa.Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan antusias belajar pkn siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: antusias belajar siswa, model pembelajaran STAD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2012 11:41
Last Modified: 28 Nov 2012 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item