Widyawati, Retno Ayu (2012) Peningkatan Antusias Belajar Pkn “Kebebasan Berorganisasi” Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas 5 Semester 1 Sd Negeri Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (394kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (329kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran salah satunya yaitu dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini meningkatkan antusias belajar PKn Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri Kebowan yang berjumlah 26 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK.). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: Identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, pengamatan dan menyusun rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam antusias belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam antusias belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kebebasan berorganisasi sebesar 58 % atau 15 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 24 siswa.Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan antusias belajar pkn siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | antusias belajar siswa, model pembelajaran STAD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 11:41 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 12:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21637 |
Actions (login required)
View Item |