Ni’mah, Maria Ulin (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V SDN Penggung 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Penggung 01 yang berjumlah 30 siswa.Sumberdata dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalahPenelitian TindakanKelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakanmelalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakanbentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana siklus berikutnya.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematika siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapatdilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II serta siklus II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswadalam pembelajaran matematika sebesar 60% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 67% atau 20 siswa serta pada siklus II sebesar 80% atau 24 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode belajar kelompok (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, metode STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 10:48 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 13:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21628 |
Actions (login required)
View Item |