Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dengan Menggunakan Media Gambar Seri

Winarsih, Winarsih (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi serta kualitas pembelajaran di kelas yaitu meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SD Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2012 /2013 dengan menggunakan gambar seri. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan kepada siswa kelas IV SD Kanisius Pati , Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2012 /2013 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi , dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yakni pada tanggal 16 Juli 2012 sampai dengan tanggal 4 Agustus 2012 dan masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita siswa. Adapun peningkatan kemampuan menulis cerita siswa dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis cerita dengan media gambar seri yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Nilai siswa dalam menulis cerita dengan media gambar seri yang diperoleh pada keadaan awal mencapai 60 % dan pada siklus satu 72 % sedangkan pada siklus dua 80 % diatas KKM. Hal ini membuktikan bahwa dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan menulis cerita dengan media gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:31
Last Modified: 28 Nov 2012 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21624

Actions (login required)

View Item View Item