Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas II Semester 1 SD Negeri Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Zubaidah, Zubaidah (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas II Semester 1 SD Negeri Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PERSETUJUAN_&_dftar_isi.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran I)
DATA_SISWA_KELAS_II_SDN_05_KAYEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran II)
lampiran_gambar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran III)
lembar_wawancara_bu_zub.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran IV)
RPP_Siklus_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Lampiran V)
RPP_Siklus_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa, Melalui Model Pembelajaran Tematik. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 05 Kayen yang berjumlah 36 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca, menulis dan berhitung yang meningkat dalam keaktifan belajar pada siklus I sebesar 55,5% atau 20 Siswa dan pada siklus II sebesar 88,8% atau 32 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media realita mampu meningkatkan kualitas belajar matematika pada siswa kelas II semester satu SD Negeri Kayen 05, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan ,belajar matematika, model pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 09:52
Last Modified: 28 Nov 2012 13:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item