Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Variatif Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Sudaryani, Sudaryani (2012) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Variatif Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (480kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab III)
6.__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw Variatif pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. . Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Kedungwinong 02. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa Analisis data dalam penelitian ini dengan komparatif kritis yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas IV semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 55. Dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 66. Dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw Variatif dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas IV semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun ajaran 2012/2013 pada materi perkalian dan pembagian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Matematika, Jigsaw Variatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:44
Last Modified: 28 Nov 2012 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item View Item