Sudaryani, Sudaryani (2012) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Variatif Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (480kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (287kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab III)
6.__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (827kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw Variatif pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. . Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Kedungwinong 02. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa Analisis data dalam penelitian ini dengan komparatif kritis yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas IV semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 55. Dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 66. Dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw Variatif dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas IV semester I SD Negeri Kedungwinong 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun ajaran 2012/2013 pada materi perkalian dan pembagian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar Matematika, Jigsaw Variatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 08:44 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 08:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21611 |
Actions (login required)
View Item |