Peningkatan Kemampuan Pemahaman Sejarah Islam Di Indonesia Melalui Strategi Jigsaw Puzzle Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Karomah, Khoirul (2012) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Sejarah Islam Di Indonesia Melalui Strategi Jigsaw Puzzle Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sejarah Islam di Indonesia melalui strategi Jigsaw Puzzle pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, pemahaman sejarah Islam di Indonesia peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan pemahaman sejarah Islam di Indonesia pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Jigsaw Puzzle. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan strategi Jigsaw Puzzle pemahaman sejarah Islam di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 10 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman sejarah Islam di Indonesia siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan strategi Jigsaw Puzzle sebanyak 2 anak (20%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi Jigsaw Puzzle pada siklus I pemahaman sejarah Islam di Indonesia meningkat menjadi 6 anak (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 10 anak (100%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui strategi Jigsaw Puzzle dapat meningkatkan pemahaman sejarah Islam di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman sejarah Islam di Indonesia, Strategi Jigsaw Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:05
Last Modified: 28 Nov 2012 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item