Trisnawati , Wahyu (2012) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Think Pair and Share Siswa Kelas V SDN Payang 02 Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui metode Think Pair and Share. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Payang 02 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumen, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif.. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan motivasi siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pelajaran matematika materi luas trapesium dan layang-layang dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase siswa kurang termotivasi sebanyak 40,9%, termotivasi sebanyak 36,4% dan sangat termotivasi sebanyak 22,7%. Untuk siklus II siswa kurang termotivasi sebanyak 9,1%, termotivasi sebanyak 31,8% dan sangat termotivasi sebanyak 59,1%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I sebesar 50,1% atau 13 siswa dan pada siklus II sebesar 90,9% atau 20 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Think Pair and Share mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar matematika, metode Think pair and Share. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 08:29 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 09:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21607 |
Actions (login required)
View Item |