Handayani , Lilik Sri (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumimulyo 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (284kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Bumimulyo 01 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan komponen interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 48,14 % dan pada siklus II sebesar 92,59 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan motivasi belajar siswa, metode diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 08:02 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 09:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21601 |
Actions (login required)
View Item |