Muflihati, Siti (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Melalui Model Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Semester I SDN 2 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (229kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (716kB) |
Abstract
Guru SD memerlukan suatu metode yang efisien dan efektif yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan oleh guru adalah salah satu kunci pokok di dalam keberhasilan suatu kegiatan belajar yang dilakukan oleh anak. Peningkatan motivasi belajar matematika siswa ini dilakukan melalui penggunaan model pembelajaran tematik. Hal ini dikarenakan model pembelajaran tematik selalu menggunakan masalah sehari-hari, sehingga diharapkan siswa dapat memahami keguanaan dana kaitan matematika dalam kehidupannya sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika operasi hitung bilangan melalui model pembelajaran tematik siswa Kelas III Semester I SDN 2 Glintang Kecamatan Sambi Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Glintang Kecamatan Sambi Boyolali pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Juli-September 2012. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek yang diteliti adalah siswa SD Negeri 2 Glintang Kecamatan Sambi Boyolali pada kelas III semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis komparatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat Peningkatan kemampuan siswa melalui penerapan penggunaan metode tematik. Sebelum dikenakan tindakan apa pun diadakan tes awal (pre test), hasil belajar siswa yang mendapat nilai di atas 50 terdapat 9 siswa (47,36 %). Siswa dalam mengerjakan latihan soal tes pada siklus I yang mendapat nilai di atas 70 terdapat 5 siswa (26,31%) pada siklus II yang mendapat nilai di tas 70 terdapat 13 siswa (68,42 %).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, model pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 07:54 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 07:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21600 |
Actions (login required)
View Item |