Wardani, Rahning (2012) Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Luar Ruang Materi Musyawarah Pada Kelas 2 SD Negeri 03 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran luar ruang pada siswa kelas 2 SD Negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, minat belajar peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan minat belajar pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran luar ruang. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3 Bawu yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode pembelajaran luar ruang minat belajar pada siswa kelas 2 SD Negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 27 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan metode pembelajaran luar ruang sebanyak 10 anak (37%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode pembelajaran luar ruang pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 15 anak (55,55%) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 anak (81,48%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode pembelajaran luar ruang dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas 2 SD Negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Pembelajaran luar ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 06:33 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21594 |
Actions (login required)
View Item |