Suhartini, Suhartini (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (632kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Sebelum diberikan nilai kemampuan membaca pemahaman rendah dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman yaitu dengan metode Konvensional. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis mengalir. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012 / 2013 dapat meningkatkan minimal 80 % dari 30 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) sebanyak 16 siswa (53,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu penerapan metode Cooperaticve Integrated Reading Compisition (CIRC) pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 20 siswa (66,67%) dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui penggunaan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 06:28 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21593 |
Actions (login required)
View Item |