Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cepokosawit Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Chasanah, Constanti Nopi (2012) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cepokosawit Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_bab_satu.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_bab_dua.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bza III)
03_bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_empatt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_dft_pustaka.pdf

Download (390kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 1 Cepokosawit Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan belajar IPA peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Cepokosawit yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis, analisis data deskriptif komparatif dan analisis data model alir. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada pembelajaran IPA sebelum diadakan tindakan menggunakan metode demonstrasi sebanyak 4 anak (33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode demonstrasi pada siklus I keaktifan siswa pada pembelajaran IPA meningkat menjadi 8 anak (67%) dan pada siklus II meningkat menjadi 10 anak (83%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini hipotesis yang menyatakan “diduga melalui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Cepokosawit Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 06:22
Last Modified: 28 Nov 2012 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item