Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Pendekatan Tematik (Tema: Lingkungan) Dengan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013

Triwicahyani, Hesti (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Pendekatan Tematik (Tema: Lingkungan) Dengan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah PUblikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui pendekatan tematik (tema: lingkungan) dengan metode Make a Match pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberi tindakan aktivitas belajar siswa dengan pendekatan tematik (tema: lingkungan) kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif melalui penggunaan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match. Subyek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon yang berjumlah 17 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini tehnik analisis model mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan pendekatan tematik (tema: lingkungan) sebelum diadakan tindakan menggunakan metode Make a Match sebanyak 4 anak (23%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan metode Make a Match pada siklus I aktivitas siswa meningkat menjadi 9 anak (53%) dan pada siklus ke II meningkat menjadi 13 anak (76%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini , hipotesis yang menyatakan”Diduga melalui metode Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran tematik (tema: lingkungan) pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Metode Make a Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 06:00
Last Modified: 28 Nov 2012 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item View Item