Triwicahyani, Hesti (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Pendekatan Tematik (Tema: Lingkungan) Dengan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah PUblikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (335kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui pendekatan tematik (tema: lingkungan) dengan metode Make a Match pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberi tindakan aktivitas belajar siswa dengan pendekatan tematik (tema: lingkungan) kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif melalui penggunaan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match. Subyek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon yang berjumlah 17 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini tehnik analisis model mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan pendekatan tematik (tema: lingkungan) sebelum diadakan tindakan menggunakan metode Make a Match sebanyak 4 anak (23%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan metode Make a Match pada siklus I aktivitas siswa meningkat menjadi 9 anak (53%) dan pada siklus ke II meningkat menjadi 13 anak (76%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini , hipotesis yang menyatakan”Diduga melalui metode Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran tematik (tema: lingkungan) pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, Metode Make a Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 06:00 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21591 |
Actions (login required)
View Item |