Meningkatan Pemahaman Soal Cerita Dengan Menggunakan Metode Inquiri Pada Pembelajaran Matematika Murid Kelas V Sd Negeri Klumpit Tahun Ajaran 2012/2013

Rukminingsih, Rukminingsih (2012) Meningkatan Pemahaman Soal Cerita Dengan Menggunakan Metode Inquiri Pada Pembelajaran Matematika Murid Kelas V Sd Negeri Klumpit Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03._halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
05._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (BAB III)
06._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (BAB V )
08._Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman soal cerita dengan menggunakan metode inquiri pada pembelajaran matematika. Subyek penelitaian adalah guru dan murid kelas V SD Negeri Klumpit yang berjumlah 20 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Masing –masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa Kelas V SDN Klumpit. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa pada hasil tes evaluasi yang meningkat dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. Pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa 55 % atau 11 siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70% atau 14 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 90% atau 18 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Inquiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita mata pelajaran matematika, metode Inquiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 14:41
Last Modified: 27 Nov 2012 14:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item