Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Lesson Study Murid Kelas Iv Sd Negeri Margomulyo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun 2012

Setiana, Endah Atih (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Lesson Study Murid Kelas Iv Sd Negeri Margomulyo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
3._halaman_depan.pdf

Download (563kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
4._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (BAB II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (BAB III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAB V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi )
2._naskah_publikasi.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan model pembelajaran Lesson Study. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Margomulyo yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematika siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 68% atau 17 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 23 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran lesson study mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Matematika, Model Pembelajaran Lesson Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 14:28
Last Modified: 27 Nov 2012 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21581

Actions (login required)

View Item View Item