Utami, Diyah Puji (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar PKn Materi Hidup Rukun Melalui Model Pembelajaran VCT dan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas 1 Semester I SDN Jatiroto 03 Kayen – Pati TahunAjaran 2012 / 2013.”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan )
2.__PERSETUJUAN_DAN_LAIN-LAIN.pdf Download (433kB) |
|
|
PDF (BAB I)
1.__BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (32kB) |
|
PDF (BAB II)
2.__BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (BAB III)
3.__BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (BAB IV )
4.__BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (BAB V)
5.__BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
6.__DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran )
7.__LAMPIRAN__1_s.d._32.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.__NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui model pembelajaran pengungkapan nilai (VCT) dan metode simulasi. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas 1 SDN Jatiroto 03. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik uji validitas data menggunakanmetode trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan waktu. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Prosedur Penelitian meliputi tahap: Identifikasi Masalah, Persiapan, Penyusunan Rencana Tindakan, Implementasi Tindakan, Pengamatan dan Penyusunan Rencana. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus / putaran, yang masing-masing siklus terdiri empat tahap, yakni: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation), refleksi (reflecting) dan evaluasi (evaluation). Sumber data diperoleh dari guru / observer (tentang motivasi belajar siswa melalui instrumen lembar observer). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dapat dilihat dari perolehan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi hasil motivasi 67% (14 siswa termotivasi). Pada siklus II sebesar 80% (17 siswa cukup termotivasi). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan Tehnik Pengungkapan Nilai (VCT) dan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PKn Materi hidup rukun
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Tehnik Pengungkapan Nilai (VCT), simulasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 13:39 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 13:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21578 |
Actions (login required)
View Item |