Kusumawati, Kusumawati (2012) Penerapan Realistic Mathematic Education Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 2 Dibal Kec. Ngemplak Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (617kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (394kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika dengan penerapan Realistic Mathematic Education pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 2 Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 16. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, teknik wawancara, dan teknik observasi. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah teknik analisis mengalir, data diolah sejak pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada setiap siklus dilakukan observasi, sehingga dapat diketahui ada tidaknya peningkatan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berupa hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu mengatasi masalah dalam kelasnya yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan penerapan Realistic Mathematic Education telah mampu meningkatkan keaktifan siswa, baik bertanya, memecahkan masalah, dan berinteraksi siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan sampai dengan 20. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian siswa yang aktif 3 siswa (19%), pada siklus I siswa yang aktif 7 siswa (43,75%), dan pada siklus II siswa yang aktif 14 siswa (86,25%). Kata kunci: keaktifan, realistic mathematic education.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, realistic mathematic education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 13:08 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 13:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21576 |
Actions (login required)
View Item |