Zaenuri, Zaenuri (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 2 Banyusri Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (548kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Bermain Peran pada siswa kelas III SD Negeri 2 Banyusri Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan Motivasi Belajar pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode Bermain Peran. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Banyusri yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan Metode Bermain Peran Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III SD Negeri 2 Banyusri Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan Metode Bermain Peran sebanyak 5 anak (31,25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan Metode Bermain Peran pada siklus I Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan meningkat menjadi 8 anak (50%) dan pada siklus II meningkat menjadi 14 anak (87,50%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui Metode Bermain Peran dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III SD Negeri 2 Banyusri Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 12:48 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 12:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21573 |
Actions (login required)
View Item |