Utami , Puji (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Di Kelas IV Semester I SD Negeri Pakem 02 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
3._halaman_depan.pdf Download (708kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (278kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
|
PDF ( Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (813kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakem 02 yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 71% atau 12 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar siswa, model pembelajaran team assisted individualization (TAI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 11:56 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 11:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21570 |
Actions (login required)
View Item |