Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Sifat Benda Siswa Kelas IV SDN Jimbaran 01 Kayen Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Astutik, Wiwin Puji (2012) Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Sifat Benda Siswa Kelas IV SDN Jimbaran 01 Kayen Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Hal_Depan_Wiwin_new.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I_Wiwin.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II_Wiwin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III_Wiwin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_Wiwin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V_Wiwin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Dapust_Wiwin.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Naskaha pblikasi)
11._Naskah_Publikasi_Wiwin_new.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran-lampiran_Wiwin_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode Resitasi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jimbaran 01 yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains). Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 68% atau 17 siswa dan pada siklus II sebesar 88% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Resitasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) di kelas IV SDN Jimbaran 01 Kayen Pati Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil belajar siswa, metode Resitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Nov 2012 11:34
Last Modified: 27 Nov 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item