Astutik, Wiwin Puji (2012) Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Sifat Benda Siswa Kelas IV SDN Jimbaran 01 Kayen Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Hal_Depan_Wiwin_new.pdf Download (180kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I_Wiwin.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_Wiwin.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III_Wiwin.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_Wiwin.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V_Wiwin.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Dapust_Wiwin.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Naskaha pblikasi)
11._Naskah_Publikasi_Wiwin_new.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran-lampiran_Wiwin_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode Resitasi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jimbaran 01 yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains). Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 68% atau 17 siswa dan pada siklus II sebesar 88% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Resitasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) di kelas IV SDN Jimbaran 01 Kayen Pati Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil belajar siswa, metode Resitasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 11:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 11:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21568 |
Actions (login required)
View Item |