Upaya Meningkatkan Keberanian Berbicara Dalam Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Role Playing Pada Siswa Kelas I Semester I SD Islam Kecamatan Sukolilo Tahun Pelajaran 2012/2013

Purwasih, Reva Mahesty Dyah Ayu Sari (2012) Upaya Meningkatkan Keberanian Berbicara Dalam Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Role Playing Pada Siswa Kelas I Semester I SD Islam Kecamatan Sukolilo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF ( Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (415kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian berbicara dalam belajar bahasa Indonesia melalui pembelajaran tematik dengan media bermain peran (role playing). Pembelajaran Tematik merupakan model pembelajaran berdasarkan pada tema untuk mempelajari suatu materi guna mencapai kompetensi atau tujuan tertentu. Guru dapat menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik.. Tujuan utama dari pembelajaran tematik adalah pembelajaran dipusatkan pada siswa sesuai minat dan bakat serta kebutuhan siswa dan memberikan pengalaman langsung pada siswa. Pengaruh metode ini positif bagi siswa yang pintar, sedang maupun yang kurang pintar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD Islam Sukolilo yang berjumlah 8 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian berbicara siswa. Keberhasilan tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan persentase kriteria keberanian dari tahap pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase yang rendah yaitu 37,5% saja yang sudah memenuhi kriteria. Pada siklus I ada peningkatan sebesar 25% menjadi 62,5% dari siswa yang memenuhi kriteria keberanian dan pada siklus akhir sebanyak 7 siswa atau 87,5% dari siswa sudah memenuhi kriteria keberanian. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran tematik menggunakan media bermain peran dapat meningkatkan keberanian berbicara dalam belajar bahasa Indonesia siswa kelas I SD Islam Sukolilo. Keberanian berbicara, model Pembelajaran Tematik, media bermain peran (Role Playing).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keberanian berbicara, model Pembelajaran Tematik, media bermain peran (Role Playing).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Nov 2012 10:48
Last Modified: 27 Nov 2012 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item