Sulastriningsih, Ita (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Pendekatan Kontekstual Padasiswa Kelas V SD Negeri 3 Sajen Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (273kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 3Sajen Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri3 Sajen Trucuk Klaten yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah keterampilan menulis cerita menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sajen Trucuk Klaten. Desain Penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing tindakan terdiri dari tiga pertemuan.Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes menulis cerita dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sajen Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat peningkatan keterampilan menulis cerita pada siklus I sebesar 4,48 (kondisi awal 62,00 menjadi 66,48) dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 32% (kondisi awal 16% menjadi 48%) dan peningkatan pada siklus II sebesar 9,36 (siklus I 66,48 menjadi 75,84) dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 40% (siklus I 48% menjadi 88%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis cerita, pendekatan kontekstual, SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 10:20 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 10:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21562 |
Actions (login required)
View Item |