Sulistyowati, Eny (2012) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Alat Peraga Peta Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Barukan Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (577kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi_Skrips.pdf Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Barukan, Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 pada kompotensi dasar menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Setting yang digunakan adalah setting kelas IV SD Negeri 1 Barukan yang berjumlah 14 siswa pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes.Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, lembar wawancara dan evaluasi (tes).Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan penggunaan alat peraga peta dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Barukan Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 14 siswa telah berhasil mendapatkan nilai paling sedikit 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat prestasi belajar IPS siswa kelas IV sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan alat peraga sebanyak 2 siswa (14,3%). Setelah dilakukan tindakan kelas yaitu menggunakan alat peraga peta pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat menjadi 8 siswa (14,9%) dan pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa (97,9%). Melalui alat peraga peta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang menyatakan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan tertarik dengan alat peraga peta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Prestasi Belajar IPS, Alat Peraga Peta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:54 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 08:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21561 |
Actions (login required)
View Item |