Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menghitung Luas Trapesium Dan Layang-Layang Melalui Media Gambar Dan Puzzle Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangnongko Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Hastuti, Endah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menghitung Luas Trapesium Dan Layang-Layang Melalui Media Gambar Dan Puzzle Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangnongko Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman__Depan.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB___I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran dengan media gambar dan puzzle bangun datar trapezium dan layang-layang dengan melakukan perbaikan pembelajaran pada siswa SD Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2012/2013. Sebelumnya perlu diketahui bahwa penelitian ini mengambil dua siklus pembelajaran. Hal tersebut dilakukan karena pada siklus dua sudah mencapai indikator pencapaian yaitu sebesar 70%. Jumlah siswa kelas v SD Negeri 2 Karangnongko berjumlah 19 siswa dengan kemampuan anak yang berbeda-bada. Perlu diketahui pada refleksi awal ditemukan bahwa matematika pelajaran yang tidak disukai oleh siswa dan dalam penyampaiannya guru dengan pembelajaran konvensional sehingga nilai rata-rata 52 dengan ketuntasan 42% (9 siswa). Pembelajaran dengan media gambar bangun datar dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan selama melakukan perbaikan pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan sebesar 68% (13 siswa) dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata menjadi 86 dengan ketuntasan belajar 95% (18 siswa) dengan kategori sangat baik. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan media gambar dan puzzle terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko kapupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matemetika, media bangun datar dan puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2012 08:46
Last Modified: 27 Nov 2012 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item