Hastuti, Endah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menghitung Luas Trapesium Dan Layang-Layang Melalui Media Gambar Dan Puzzle Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangnongko Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman__Depan.pdf Download (50kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB___I.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran dengan media gambar dan puzzle bangun datar trapezium dan layang-layang dengan melakukan perbaikan pembelajaran pada siswa SD Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2012/2013. Sebelumnya perlu diketahui bahwa penelitian ini mengambil dua siklus pembelajaran. Hal tersebut dilakukan karena pada siklus dua sudah mencapai indikator pencapaian yaitu sebesar 70%. Jumlah siswa kelas v SD Negeri 2 Karangnongko berjumlah 19 siswa dengan kemampuan anak yang berbeda-bada. Perlu diketahui pada refleksi awal ditemukan bahwa matematika pelajaran yang tidak disukai oleh siswa dan dalam penyampaiannya guru dengan pembelajaran konvensional sehingga nilai rata-rata 52 dengan ketuntasan 42% (9 siswa). Pembelajaran dengan media gambar bangun datar dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan selama melakukan perbaikan pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan sebesar 68% (13 siswa) dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata menjadi 86 dengan ketuntasan belajar 95% (18 siswa) dengan kategori sangat baik. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan media gambar dan puzzle terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko kapupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matemetika, media bangun datar dan puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:46 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 08:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21560 |
Actions (login required)
View Item |