PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Dewi , Kartika Kusuma (2008) PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040183.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
B200040183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Kinerja organisasi selama ini sebagian besar hanya diukur berdasarkan aspek keuangan yang memiliki kelemahan, tidak mampu menjelaskan masa lalu secara jelas dan tidak mampu sepenuhnya untuk menuntun organisasi ke arah yang lebih baik. Sejalan berlangsungnya dengan jaman globalisasi ekonomi, jaman teknologi informasi, jaman revolusi manajemen, suatu organisasi harus merumuskan dan menyempurnakan strategi bisnis mereka serta mengukur kinerja dari organisasi mereka. Pengukuran kinerja yang hanya berdasarkan pada aspek keuangan seperti yang selama ini ditetapkan dirasa kurang tepat untuk kondisi seperti sekarang ini. Untuk itu Balanced Scorecard merupakan solusi yang menarik untuk mengukur kinerja organisasi, karena konsep ini mengukur kinerja organisasi secara komprehensif, koheren dan seimbang meliputi perspektif keuangan, costumer, proses internal bisnis dan pembelajaran dan pertumbuhan. Melalui Balanced Scorecard manajer dapat mengukur unit bisnis mereka melakukan penciptaan niali saat in dengan serta memperhitungkan kepentingankepentingan masa datang. Pengukuran kinerja di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta denagn menggunakan Balanced Scorecard ini pada perspektif keuangan diukur dengan ROI, profit margin dan rasio opersi. Perspektif konsumen diukur dari kepuasan dan profitabilitas konsumen. Pada perspektif internal bisnis diukur dari tingkat rata-rata pasien dirawat, sedangkan pengukuran dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah dari tingkat produktivitas karyawan, retensi karyawan dan tingkat kepuasan karyawan. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti memberikan kuesioner kepuasan karyawan dan kepuasan pasien terhadap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dan hasil kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis penelitian bahwa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dapat menggunakan Balanced Scorecard sebagai alat kinerja yang komprehensif dan dapat mengevaluasi kinerja yang dicapainya sehingga dapat meningkatkan kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dalam mewujudkan misi dan visinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Jun 2009 07:51
Last Modified: 17 Nov 2010 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item