Sukamti, Sukamti (2012) Peningkatan Tanggungjawab Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester I Sd Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (640kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (377kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan tanggungjawab belajar PKn melalui model pembelajaran jigsaw pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan, bahwa melalui model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan tanggungjawab belajar PKn pada Siswa Kelas V SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 hal ini ditunjukkan dari tanggungjawab siswa dalam proses pembelajaran sebelum penelitian hanya 3 siswa (15%) yang dalam mengikuti materi NKRI, kemudian peneliti menerapkan model pembelajaran jiqsaw dalam proses pembelajaran tanggungjawab siswa meningkat menjadi 11 siswa (55%). Kemudian peneliti mengadakan revisi dan evaluasi lagi, peneliti melaksanakan siklus II dan didapatkan 18 siswa (90%) tanggungjawab dalam proses pembelajaran PKn materi NKRI.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggungjawab, model pembelajaran jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:35 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 08:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21559 |
Actions (login required)
View Item |