Peningkatan Tanggungjawab Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester I Sd Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013

Sukamti, Sukamti (2012) Peningkatan Tanggungjawab Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester I Sd Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (377kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan tanggungjawab belajar PKn melalui model pembelajaran jigsaw pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan, bahwa melalui model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan tanggungjawab belajar PKn pada Siswa Kelas V SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 hal ini ditunjukkan dari tanggungjawab siswa dalam proses pembelajaran sebelum penelitian hanya 3 siswa (15%) yang dalam mengikuti materi NKRI, kemudian peneliti menerapkan model pembelajaran jiqsaw dalam proses pembelajaran tanggungjawab siswa meningkat menjadi 11 siswa (55%). Kemudian peneliti mengadakan revisi dan evaluasi lagi, peneliti melaksanakan siklus II dan didapatkan 18 siswa (90%) tanggungjawab dalam proses pembelajaran PKn materi NKRI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab, model pembelajaran jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2012 08:35
Last Modified: 27 Nov 2012 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item View Item