Hariyanti, Hariyanti (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Roll Playing Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (727kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (378kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia melalui metode roll playing siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka disimpulkan bahwa melalui metode roll playing dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pembelajaran yang meyakinkan, antara kondisi awal ke siklus I ada peningkatan sebesar 46,67% dari 6,67%. Pada saat pra tindakan motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 51 nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 35, motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 1 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 14 anak. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 58,3, nilai motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 7 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 8 anak. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 72,67, nilai motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 14 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 1 anak. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui metode roll playing dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, diterima kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Metode Roll Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:11 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 08:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21558 |
Actions (login required)
View Item |