Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Eksploratory Discovery pada siswa kelas IV SD Negeri Demakijo

Purwaningsih, Tri (2012) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Eksploratory Discovery pada siswa kelas IV SD Negeri Demakijo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Eksploratory Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengambil tempat di SD Negeri Demakijo dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Pada setiap siklus yang dilakukan, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti menyusun rencana untuk diterapkan dalam penelitian ini. Dalam tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Tahap observasi yang dilakukan bersamaan dengan tahap pelaksanaan, peneliti melakukan pengamatan dan pengumpulan data yang diperlukan. Dan pada tahap refleksi, peneliti melakukan refleksi terhadap hasil evaluasi proses dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena 80% siswa telah berhasil melampui kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran IPA adalah 58, 21 dan nilai tersebut meningkat pada siklus II. nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 76,42. Hal ini menunjukkan bahwa pada akhir siklus jumlah siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM sebanyak 7 siswa dari 28 siswa. Ini berati 21 siswa atau 80% sudah mendapatkan nilai tuntas atau mencapai KKM. Dengan menerapkan pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Demakijo pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), pendekatan Eksploratory Discovery, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 12:12
Last Modified: 26 Nov 2012 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21548

Actions (login required)

View Item View Item