Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Rohani. HZ, Rohani. HZ (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui metode discovery pada siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten, jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa selama penerapan metode discovery mengalami peningkatan. Sebagai indikatornya adalah aktivitas siswa semakin terfokus pada kegiatan pembelajaran, selain itu bimbingan guru pada setiap tahapan semakin intensif dan efektif. Begitu juga dasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Pada pre tes hanya 11 siswa atau 39,3% yang mengalami ketuntasan yang ditetapkan, meningkat menjadi 14 siswa atau 50% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 25 siswa atau 89,3%. Kesimpulan penelitian ini, pembelajaran IPA materi benda dan sipatnya dengan pendekatan discovery bagi anak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mampu memberikan situasi belajar dikelas menjadi aktif, sehingga membangkitkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, metode discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 12:05
Last Modified: 26 Nov 2012 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item