Rohani. HZ, Rohani. HZ (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (343kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (276kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui metode discovery pada siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten, jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa selama penerapan metode discovery mengalami peningkatan. Sebagai indikatornya adalah aktivitas siswa semakin terfokus pada kegiatan pembelajaran, selain itu bimbingan guru pada setiap tahapan semakin intensif dan efektif. Begitu juga dasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Pada pre tes hanya 11 siswa atau 39,3% yang mengalami ketuntasan yang ditetapkan, meningkat menjadi 14 siswa atau 50% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 25 siswa atau 89,3%. Kesimpulan penelitian ini, pembelajaran IPA materi benda dan sipatnya dengan pendekatan discovery bagi anak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mampu memberikan situasi belajar dikelas menjadi aktif, sehingga membangkitkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, metode discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 12:05 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 12:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21547 |
Actions (login required)
View Item |