Meningkatkan Pemahaman Sifat Komutatif Penjumlahan Perkalian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Strategi Inquiry Pada Siswa Kelas V Di SDN 2 Brajan Prambanan Klaten

:Parjiyati, :Parjiyati (2012) Meningkatkan Pemahaman Sifat Komutatif Penjumlahan Perkalian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Strategi Inquiry Pada Siswa Kelas V Di SDN 2 Brajan Prambanan Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sifat komutatif penjumlahan dan perkalian bilangan bulat pada siswa kelas V SD N 2 Brajan Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan penerapan metode Strategi Inqury. Penelitian ini tergolong jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Brajan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi diskusi test. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Strategi Inquiry sebanyak 45 % sudah mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 71% dan pada siklus II sebanyak 100% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat. Hipotesis yang menyatakan “ Melalui penerapan metode Strategi Inquiry pada materi ketrampilan penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester gasal SD Negeri 2 Brajan tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inquiry ketrampilan sifat komutatif penjumlahan, dan perkalian bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2012 12:00
Last Modified: 26 Nov 2012 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item