:Parjiyati, :Parjiyati (2012) Meningkatkan Pemahaman Sifat Komutatif Penjumlahan Perkalian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Strategi Inquiry Pada Siswa Kelas V Di SDN 2 Brajan Prambanan Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (692kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sifat komutatif penjumlahan dan perkalian bilangan bulat pada siswa kelas V SD N 2 Brajan Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan penerapan metode Strategi Inqury. Penelitian ini tergolong jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Brajan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi diskusi test. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Strategi Inquiry sebanyak 45 % sudah mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 71% dan pada siklus II sebanyak 100% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat. Hipotesis yang menyatakan “ Melalui penerapan metode Strategi Inquiry pada materi ketrampilan penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester gasal SD Negeri 2 Brajan tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inquiry ketrampilan sifat komutatif penjumlahan, dan perkalian bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 12:00 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 12:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21546 |
Actions (login required)
View Item |