Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013

REDJEKI, IRA SRI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (723kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh Sambi, Boyolali dengan menggunakan Permainan Ular Tangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 12 anak terdiri dari 8 anak lakilaki dan 4 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dengan komparatif. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan berhitung anak yang pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak adalah sebesar 45,57% siklus I sebesar 60,16%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,55%.Dengan demikian, penggunaan Permainan Ular Tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permainan Ular Tangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:11
Last Modified: 26 Nov 2012 11:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item