REDJEKI, IRA SRI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (584kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (723kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh Sambi, Boyolali dengan menggunakan Permainan Ular Tangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 12 anak terdiri dari 8 anak lakilaki dan 4 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dengan komparatif. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan berhitung anak yang pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak adalah sebesar 45,57% siklus I sebesar 60,16%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,55%.Dengan demikian, penggunaan Permainan Ular Tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Kepoh, Sambi, Boyolali tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Permainan Ular Tangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 11:11 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 11:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21539 |
Actions (login required)
View Item |