SUMIYATI, SUMIYATI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelompok B Tk Kenanga 2 Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (372kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._Bab_I.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab III)
06._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Kenanga II Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Kenanga II Lampar Musuk yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan berhitung anak, wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan anak dalam berhitung, dokumentasi dipergunakan untuk melihat keaktifan anak pada saat pembelajaran berhitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berhitung anak kelas B TK Kenanga II Lampar Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang mampu berhitung hanya 50,8% setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan pembela jaran kontekstual pada proses pembelajaran berhitung anak diperoleh hasil yaitu siklus I mencapai 67,2% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Kenanga II Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013”, terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran kontekstual, kemampuan berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 10:44 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 10:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21536 |
Actions (login required)
View Item |