Rancang Bangun Game Edukatif Nusantara Dengan Macromedia Flash

Susilawati, Dita (2012) Rancang Bangun Game Edukatif Nusantara Dengan Macromedia Flash. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HalamanDepan.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Game edukatif merupakan metode pembelajaran terbaru yang diharapkan dapat meningkatakan pemahaman dengan cepat karena didukung permainan yang menarik dan membuat anak menjadi aktif. Pengenalan Nusantara pada anak penting untuk memberi pengetahuan mengenai Indonesia yang kaya akan segala hal, dari budaya, pariwisata dan keindahan. Pengenalan Nusantara bisa dijabarkan dalam sebuah game, sehingga anak merasa berperan aktif dalam pembelajaran yang menyenangkan. Pembuatan game ini bertujuan untuk mengenalkan anak terhadap Nusantara. Pembuatan animasi pada game ini menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dengan beberapa aplikasi pendukung yaitu Audacity sebagai pengolah suara, Adobe Photoshop sebagai pengolah gambar serta menggunakan ActionScript 2.0 sebagai bahasa pemograman. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara kepada guru SD dan seorang psikolog, studi pustaka, serta dengan metode angket yaitu dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertulis mengenai game yang dibangun. Obyek penelitian adalah siswa-siswi kelas VI SDN 2 Nepen, Teras, Boyolali. Program aplikasi yang dihasilkan berekstensi .exe yang dapat dijalankan pada personal komputer dengan sistem operasi Windows. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada siswa kelas VI SDN 2 Nepen, sebanyak 97 % menyatakan bahwa game ini membantu menambah pengetahuan tentang Nusantara, sehingga dapat disimpulkan bahwa game ini membantu anak menambah pengetahuan tentang Nusantara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, Nussantara, Action Script
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2012 08:06
Last Modified: 02 Nov 2022 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21533

Actions (login required)

View Item View Item