UPAYA PENINGKATAN RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I Polokarto Sukoharjo)

SUSANTI, EVI (2008) UPAYA PENINGKATAN RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I Polokarto Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040184.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
A410040184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan respon siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe TPS, (2) Memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 G SMP Negeri 1 Polokarto yang berjumlah 40 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kalitatif dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan respon dari siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Persiapan siswa mengikuti pelajaran pada akhir putaran mencapai 65.00 %, (2) Perhatian siswa terhadap pembelajaran guru pada akhir putaran mencapai 60.00 %, (3) Aktivitas siswa mengerjakan PR pada akhir putaran mencapai 90.00 %, (4) Aktivitas bertanya/menyampaikan pendapat terhadap materi yang diterima pada akhir putaran mencapai 30.00 %, (5) Kemampuan siswa mengerjakan soal pada akhir putaran mencapai 72.50 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan respon siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon siswa, Pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 07:38
Last Modified: 17 Nov 2010 01:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item