Fauziah, Innayati (2012) Penerapan Metode Mind Mappinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pokok Bahasan Keragaman Sosial Dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam Kelas Iv Semester 1 SD Negeri 2 Bugisan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
3._halaman_depan.pdf Download (360kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI...pdf Download (659kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Keragaman social dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam siswa kelas 4 semester 1 SD Negeri 2 Bugisan tahun pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mind mapping. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklusterdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 SD Negeri 2 Bugisan kelas 4 dengan jumlah siswa 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama, ada peningkatan kualitas proses pembelajaran IPS setelah diadakan tindakan kelas dengan metode mind mapping. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil observasi. Pada siklus I nilai kegiatan guru 2,33 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II dengan nilai 3,56 dengan kriteria sangat baik. Sementara itu, nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I nilainya 2,50 dengan kriteria cukup menigkat pada siklus II dengan nilai 3,67 degan kriteri sangat baik. Kedua, peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugisan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai IPS dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM pada setiap siklusnya, yaitu: sebelum tindakan nilai rata-rata IPS adalah 6,29 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 7 anak atau 28% dari jumlah siswa, setelah siklus I meningkat menjadi 6,84 (meningkat 8,04%) dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 16 anak (meningkat 56,25%) atau 64% dari jumlah siswa, dan pada siklus II menjadi 7,47 (meningkat 8,40%) dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 22 anak (meningkat 27,27%) atau 88% dari jumlah siswa. Dengan demikian, penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugisan tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode mind mapping, IPS, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 12:11 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 12:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21527 |
Actions (login required)
View Item |